- Tank pada Perang Dunia 1 -

Bagaimanakah bisa terbentuknya suatu Konsep Tank yang kita kenal sampai saat ini? Dan apa saja yang mendorong Diproduksinya Tank-Tank pada awal terciptanya suatu Tank.


Berikut adalah sebagian sejarah awal dari konsep dan tujuan untuk dibuatnya Tank serta penggunaannya dari masa ke masa menurut perkembangannya.

- Definisi Tank -

Tank adalah sebuah kendaraan tempur yang dibuat dengan dilapisi baja dan bergerak dengan menggunakan roda yang berbentuk rantai. Dan mempunyai ciri-ciri yang memiliki lapisan pelindung yang terbuat dari baja yang tebal dan berat , mempunyai meriam dan persenjataan lainnya serta mobilitas yang tinggi untuk dapat mudah bergerak dan berpindah secara lancar di segala medan.

- Tujuan dibuatnya Tank pada pertama kali dibuat ( Konsep Tank ) -

Pertama , karena dari zaman dahulu sudah ada maju sambil menyerang tetapi juga ditembaki oleh si musuh. Kedua , adanya keinginan untuk menggunakan sebuah benda dalam penyerangan yang bertujuan untuk melindungi dari serangan musuh. Dan juga di zaman dahulu sudah ada menara serbu yang di buat oleh bangsa Yunani dan diberi nama Helepolis.

Gbr. Helepolis 

Pada Abad Pertengahan Ceko dan Polandia telah membuat Kereta Perang yang dilapisi baja. Dan juga Leonardo Da Vinci pernah membuat Konsep Kendaraan Perang Beroda.

Gbr. Replika kendaraan perang berdasarkan Konsep Da Vinci



- Perkembangan Pembuatan Tank pada Perang Dunia 1 -

Akibat dari kondisi pada saat berlangsungnya Perang Dunia 1, di Front Barat Angkatan Darat Inggris memikirkan sebuah konsep kendaraan yang kuat , yang bisa menghancurkan kawat berduri , yang tidak mempan ditembaki dengan senapan mesin dan juga dapat menyeberangi parit. Pada 6 September 1915 militer inggris menguji coba Proto type Tank pertamanya. Dan pada awalnya Kendaraan ini bukan disebut sebagai "Tank" tetapi sebagai "Ground Ship" dikarenakan untuk menjaga rahasia dari kendaraan ini maka Kendaraan ini disebut sebagai Kendaraan Pembawa Air dan disingkat menjadi "Tank" atau Tangki Air. Dan digunakannya istilah Tank agar para pekerja mengira bahwa mereka sedang membuat kendaraan pembawa air di Mesopotamia ( Iraq ) untuk para tentara Inggris disana. Dan istilah pertama dari Tank ini diresmikan pada tanggal 24 Desember 1915.

Tank pertama kali dipergunakan untuk perang pada 15 September 1916 atau Pertempuran Somme. Tank yang digunakan adalah Mark I dan dibawa oleh Kapten H.W. Mortimore .

Gbr. Tank Mark 1




Dan penggunaan Perancis pada 16 April 1917 yang telah berhasil mengembangkan Tank Schneider CA1 yang dibuat dari Traktor Holt Cartepillar.

Gbr. Schneider CA1

Dan Pertempuran-pertempuran menggunakan Tank Secara besar-besaran terjadi pada 21 November 1917 atau lebih tepatnya pada Pertempuran Sambrai. Dan pada Pertempuran Amiens yang dimana Sekutu berhasil mematahkan pertahanan pertempuran parit Jerman. Dan akhirnya Inggris dan Perancis memproduksi ribuan tank.

Gbr. Pada Pertempuran Sambrai




Gbr. Pertempuran Amiens

0 Komentar

Teman

Total Tayangan Halaman

Bantu kasih makan yah :)


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Flag Counter

free counters