Sejarah Keyboard Komputer

Nah, pada kali ini kita akan membahas tentang sejarah susunan huruf-huruf di keyboard komputer.

Tentunya pasti pernah salah satu dari kita berfikir, ada ga' ya susunan keyboard yang lebih mudah cara menggunakannya buat mengetik ?? Dan kayak gimana sih susunan keyboard pada zaman dahulu..
Jawabannya adalah "ada" dan tentunya dulu ada 2 sistem kinerja dari susunan keyboard, yaitu DVORAK dan QWERTY.

Susunan keyboard yang kita gunakan saat ini adalah QWERTY, yang sebenarnya adalah salah satu susunan keyboard yang tidak efisien jika digunakan untuk mengetik yang didesain sehingga kita mengetik tidak terlalu cepat. Tetapi menurut saya itu tetap aja gagal, karena sebagian besar orang sekarang juga bisa mengetik cepat kok menggunakan susunan QWERTY, malahan ada yang lebih cepat :) ..


Kembali ke QWERTY..
Hal ini berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan terlebih dahulu oleh Christoper Lathan Sholes pada tahun 1868. Saat menciptakan mesin ketik prototype sebelumnya, malah memungkinkan kita untuk mengetik lebih cepat, tetapi hal tersebut meninggalkan sebuah resiko yang bisa membuat kita seringkali salah mengetik.

Karena bingung memecahkan solusinya, Sholes justru mengacak-acak susunan huruf tersebut sehingga ditemukan sebuah kombinasi yang dianggapnya paling sulit untuk digunakan buat mengetik yang tentunya bertujuan untuk menghindari terjadinya kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya...

Akhirnya pada tahun 1973 susunan pada mesin ketik karya Sholes inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai alat input komputer dan kemudian diresmikan sebagai keyboard standar ISO ( International Standard Organization).

Sebenarnya selain QWERTY, ada susunan huruf lain yaitu DVORAK.
Bisa dilihat gambar dibawah ini...

















DVORAK adalah sebuah susunan huruf-huruf pada keyboard komputer yang dibuat pada tahun 1936 oleh Profesor August Dvorak dan Willian Dealey. Dengan susunan DVORAK ini memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien. Akan tetapi, karena pada saat itu dunia sudah menggunakan susunan huruf QWERTY dan tidak menginginkan sebuah resiko karena mengganti susunan keyboard menjadi DVORAK, akhirnya DVORAK harus tunduk pada dominasi QWERT yang sudah terjadi pada organisasi-organisasi yang ada dunia saat itu.
Satu-satunya pengakuan datang dari ANSI (American National Standard Institute) yang menyetujui susunan keyboard DVORAK sebagai versi alternatif pada tahun 1970.

Tidak hanya DVORAK, ternyata ada lagi susunan keyboard lain yaitu AZERTY.Susunan huruf ini digunakan di beberapa negara, contohnya adalah Perancis dan Belgia. Berikut gambar susunan keyboard AZERTY dibandingkan dengan QWERTY..







0 Komentar

Teman

Total Tayangan Halaman

Bantu kasih makan yah :)


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Flag Counter

free counters