- Sejarah awal Bom Nuklir -

Bagaimana sih dunia mendapatkan atau mengetahui bahwa adanya Energi Nuklir, dan apa saja sih yang mendorong mereka pada saat itu melakukan penelitian tentang Bom Nuklir ?

Disini ada cerita sebuah sejarah bom nuklir. Tetapi saya juga kurang tahu apakah ini benar atau tidak. Jika tidak tolong dibenarkan dan diperbaiki dan juga di tambahkan apaila ada yang kurang dalam cerita ini.

- SEJARAH AWAL BOM NUKLIR -

Diawali pada tahun 1896 , Antonie Henri Bacquerel menemukan radioaktivitas uranium, selanjutnya tahun 1902 Marie dan Pierre Currie mengisolasi logam radioaktif yang biasa disebut radium, dan pada tahun 1905 yakni Albert Einstein merumuskan dalam teorinya yaitu " Teori Relativitas Khusus " . Yang dalam Teori ini dijelaskan massa dapat dianggap sebagai bentuk lain dari energi.

Pada zaman dahulu , tepatnya tanggal 2 Agustus 1939 sang ilmuwan Albert Einstein mengirim surat kepada Presiden AS yaitu F.D.Roosevelt. Yang dimana di dalam surat itu dikatakan bahwa Nazi Jerman sedang melakukan penelitian pemurnian Uranium-235 yang berkemungkinan akan mengembangkan hasil penelitian pemurnian Uranium-235 ini menjadi bom atom yang sangat berbahaya.

Gbr. uranium-235

Karena pada saat itu belum ada Peledak yang dibuat menggunakan bahan dasar dari zat Radioaktif ini. Dan peledak ini memiliki daya ledak yang berjuta-juta kali lipatnya lebih besar daripada bahan peledak Konvensional Tri Nitro Toluena ( TNT ).

Einstein juga mengatakan bahwa pada saat itu Jerman telah menghentikan penjualan Uranium kepada Cekoslovakia ( dahulu ) dan mengambil alih tambang-tambang uranium secara diam-diam.Menyiasati hal ini , Einstein berpendapat bahwa AS dapat mendahului pengembangan penelitian Bom Nuklir ini sebelum Jerman melakukannya.

Dan pada saat itu ratusan ribu orang dipekerjakan di dalam pabrik-pabrik yang dibangun di Washington,Oak Ridge,Hanford,Tenesse dan Laboratorium Los Alamos seluas 20.000 Ha. Dan pada saat itu banyak pekerja yang bekerja untuk Proyek itu tidak mengetahui apa yang ia kerjakan dan untuk apa mereka mengerjakan itu.Tetapi , Insinyur-insinyur penting mengetahui untuk apa diadakannya Proyek Manhattan itu. Namun mereka lebih memilih diam dan fokus terhadap apa yang mereka kerjakan dibawah wawasan Seorang ahli Fisika Nuklir, J. Robbert Oppenheimer . Dalam hal ini, melepaskan isotop uranium-235 yang ada di alam bukan perkara yang mudah , apalagi sebagian besar terdiri dari isotop uranium dengan nomor massa 238 (U-238). Kadar U-235 sendiri di alam jumlahnya tidak melebihi 1% uranium metalnya. Padahal , kadar uranium didalam batuan alampun  hanya 0,7 % saja . Dan untuk inilah , konon AS membudgetkan biaya sebesar 2 milliar Dollar untuk penelitian dan penciptaan bom atom antara tahun 1939 sampai dengan 1945.

Selang 6 tahun kemudian ...
Kerja keras tersebut terwujudkan dengan terbentuknya Bom Uranium-235 dengan nama " Little Boy " . Dan Little Boy yang memiliki massa sekitar 4,5 ton ini dijatuhkan di atas Kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945. Bom Uranium-235 ini membuat cendawan berdebu yang berketinggian 45.000 kaki dengan ledakan dahsyat berantainya , kilatan api dan juga gelombang kejutnya yang berkecepatan 1.100Ftps dan juga ledakan ini menghembuskan angin berkecepatan ratusan mil perjam hingga puluhan mil. Dan pada saat itu juga Gedung-gedung , jembatan dan semua instalansi hancur tak bersisa. Dan yang paling parah 137.000 jiwa tewas pada saat itu juga hanya dalam hitungan detik.
Dan 3 hari selanjutnya atau tepatnya pada tanggal 9 Agustus 1945 , Jepang kembali dihancurkan tepatnya di kota Nagasaki .Dengan Menggunakan Bom Plutonium-239 yang diberi nama Fat Man kembali memakan korban dengan 78.000 jiwa . Dan Dengan kedua Bom di atas merupakan sebuah tanda akan akhir dari Perang Dunia II . Dan PD II pun diakhiri dengan menyerahnya pihak Jepang kepada Sekutu. Namun yang lebih menyedihkan adalah beberapa ribu bahkan ratusan ribu jiwa yang menjadi korban dari Penelitian dan Penemuan dari ahli Fisika yang seharusnya memberi kemudahan bagi kehidupan manusia .

Gbr. Korban Pengeboman


Dari sini kita harus belajar agar kita tidak menggunakan Penemuan atau Penelitian sebagai Pemusnah massal karena hanya akan merusak dan membunuh ratusan bahkan jutaan jiwa manusia yang tidak bersalah. Meskipun begitu demi kemajuan dan Teknologi terus maju dan itulah tuntutan untuk mengembangkan penemuan dan penelitian.

Kurang Lebih dari kata-kata diatas saya minta maaf jika ada kata yang kurang berkenan dan jika ada yang salah mohon di maklumi dan di perbaiki serta diberi petunjuk untuk melakukan Perbaikan Terhadap Posting ini .

Thanks To :
http://id.shvoong.com/exact-sciences/chemistry/2009599-sejarah-terciptanya-bom-nuklir/
yasir140.student.umm.ac.id/download-as-pdf/umm_blog_article_188.pdf

karena telah memberi inspirasi dan masukan terhadap blog ini .
Trima kasih utk Pembaca. Thanks.

0 Komentar

Teman

Total Tayangan Halaman

Bantu kasih makan yah :)


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Flag Counter

free counters