Bintang yang Lain selain Matahari

Temen - temen ada yang suka bintang kan ?? kali ini akan dibahas sedikit tentang Bintang , apa temen-temen udah tau Bintang yang bernama Capella ? Kalau sudah tau semoga artikel dapat Bermanfaat untuk menambah wawasan temen- temen semua , untuk yang belum tau silahkan baca maka temen-temen akan tau seperti apa sih bintang Capella itu ??

Oke .. kita mulai aja ..

Capella adalah bintang yang paling terang di Rasi Auriga, yang tercerah keenam dilangit malam dan tercerah ketiga di langit utara setelah Acturus dan Vega. Meskipun bintang ini terlihat hanya satu , sebenarnya bintang ini terdiri dari dua bintang ganda yang saling edar setiap 104 hari.

yang dimana Bintang Ganda itu adalah sebuah sebuah sistem bintang yang terdiri dari 2 bintang yang terikat secara satu gravitasi satu sama lain di dalam sebuah orbit mengelilingi sebuah titik pusat massa bersama.

Gbr. Bintang Ganda

 Gbr. Bintang Ganda ke-2

Lanjut dari keterangan diatas. Kita harus kenal dulu sama si Capella ini. Oke , nih sekarang temen-temen akan mulai kenal dengan Capella.

Capella terdiri dari dua buah bintang yang terikat dari satu gravitasi satu sama lain di dalam sebuah orbit mengelilingi sebuah titik pusat massa bersama. Capella adalah dua buah bintang raksasa yang berwarna kuning yang memiliki warna yang lebih cemerlang daripada Matahari. Namun, temperatur dari Capella sendiri kurang lebih hampir sama dengan Matahari. Dan diantara kedua bintang pada Capella salah satu diantaranya memiliki ke-cemerlangan 50 kali dari matahari dan yang satunya lagi (pasangannya) memiliki ke-cemerlangan 80 kali dari matahari. Capella juga memiliki massa 2,5 kali massa dari Matahari. Serta kedua bintang Capella ini juga memiliki ukuran diameter 10 kali dari ukuran diameter Matahari.

Bintang di Rasi Auriga ini tergolong sebagai "Bintang ganda Dekat" yang dimana , sifat kegandaannya tidak dapat diamati melalui teleskop. Dan keduanya saling mengedari dalam jarak 60 juta mil atau kira-kira dua pertiga jarak Bumi-Matahari dengan periode orbit sekitar 104 hari.

Gbr. Capella





Gbr. Capella


Namun Capella adalah Bintang yang sedang dalam perjalanan menuju pada ajalnya lebih tepatnya setelah mengakhiri fase pembakaran hidrogen pada intinya. Bintang yang lebih cemerlang sedikit lebih masif dan aktif, telah hampir memulai reaksi fusi terhadap helium di intinya menjadi Karbon, sementara bintang yang lebih redup saat ini sedang mengeluarkan sisa-sisa Helium dalam inti bintang tersebut.

Capella juga dikenal sebagai salah satu bintang dari banyak bintang yang merupakan sumber sinar-X. Diduga, hal ini berasal dari aktifitas magnetic yang serupa dengan yang terjadi pada permukaan Matahari kita, namun belum dapat dipastikan mengenai bintang mana yang memancarkannya.

Dan juga Capella bersinar hampir tepat diatas kepala pada setiap musim dingin. Ia adalah salah satu dari tiga bintang cemerlang di langit belahan utara setelah Arcturus yang muncul pada musim semi dan Vega pada musim panas.Meskipun terlihat ketiga bintang itu sama-sama cemerlang namun kita dapat membedakannya dengan warna Arcturus yang lebih redup dengan warna jingganya. Sedangkan, Vega lebih panas dibandingkan dengan Arcturus yaitu berwarna putih. Dan Capella berada ditengah-tengah mereka dengan warna kuningnya.

Gbr. Capella di Malam Hari

Gbr. Rasi Bintang

Gbr. Bintang Vega
Gbr. Bintang Arcturus

Gbr. Rasi Bintang di Langit




Nah itu artikel diatas merupakan sebagian dari bintang-bintang yang ada di Dunia ini teman-teman. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk para pembaca dan teman-teman sekalian. Mohon maaf jika ada kesalahan pada kata-kata yang kurang tepat diatas.

Dan juga terima kasih kepada alamat-alamat / link dari web-web yang membantu saya membuat artikel ini :
http://khanifa.multiply.com/journal/item/9/Lihat_Bintang_Lebih_Dekat
http://id.wikipedia.org/wiki/Capella
http://id.wikipedia.org/wiki/Bintang_ganda

0 Komentar

Teman

Total Tayangan Halaman

Bantu kasih makan yah :)


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Flag Counter

free counters