MAGLEV Train

Apa anda sudah mengetahui tentang kereta MAGLEV ?
Oke-Oke ... disini ada sedikit Penjelasan tentang MAGLEV ...


MAGLEV adalah singkatan dari Magnetically Levitated Trains . Kereta ini adalah Kereta yang tidak sama dengan kereta yang biasa kita lihat di stasiun-stasiun di Indonesia pada umumnya , tapi kereta ini banyak dijumpai negara-negara besar . Contoh : Amerika ,Jepang , Jerman dan Prancis . Kereta ini berbeda dengan yang biasa kita lihat . Kereta ini tidak memiliki Roda . Tapi kereta ini mengambang dengan memanfaatkan gaya angkat magnetiknya. Dan juga kereta ini menggunakan motor induksi yang akan menghasilkan gaya dorong bagi kereta ini. Kecepatan kereta ini juga sangat mengesankan yaitu mampu mencapai kecepatan 650 kmph atau  kurang lebih 404 Mph .

- Prinsip Kerja dari MAGLEV -

Sesuai dengan nama dari MAGLEV ( Magnetically Levitated Trains ) . Kereta ini mengambang di atas Rel sekitar 10 mm. Gaya Dorongnya yang membuatnya bisa maju di peroleh dari interaksi Rel Magnetik dengan Mesin Induksi yang berada di dalam kereta. Yang menghasilkan Medan Magnetik dari dalam kereta.

Arus listrik yang diberikan ke kumparan pada dinding jalur pemandu secara berganti-ganti mengubah polaritas kumparan magnet. Perubahan polaritas ini menyebabkan medan magnetik di depan kereta menarik kereta ke depan, sementara medan magnet di belakang kereta menambahkan gaya dorong ke depan. Perlu diperhatikan karena kereta MAGLEV ini tidak memiliki Roda dan dia dalam posisi mengambang di atas lapisan-lapisan udara dan menghilangkan gesekan yang terjadi. Karena tidak adanya gesekan serta desain kereta yang aerodinamis membuat kereta ini dapat mencapai kecepatan lebih dari 500 kmph.

- Kelebihan dari Kereta MAGLEV -

* Kereta ini mengambang dan tidak menggunakan Roda sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya Perawatan untuk Roda dan Rel karena tidak ada yang aus.
* Kereta ini tidak memiliki gaya resistansi akibat gaya gesekan yang biasanya terjadi antara Roda dan Rel. Tetapi, kereta ini masih memiliki gaya resistansi dari udara.

- Kekurangan dari Kereta MAGLEV -

* Karena Kecepatan kereta MAGLEV ini sangat cepat dan Desain dari kereta yang aerodinamis membuat tingkat kebisingan dari kereta ini setaraf dengan kebisingan yang dihasilkan dari Pesawat Jet. Dan tentunya lebih memiliki suara yang lebih bising dibandingkan dengan kereta-kereta pada umumnya.
* Kekurangan yang lainnya adalah mahalnya biaya yang digunakan untuk membuat Rel .

0 Komentar

Teman

Total Tayangan Halaman

Bantu kasih makan yah :)


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Flag Counter

free counters