Teknologi Islam - Pedang Damaskus

Assalamualaikum wr.wb. ..

Pernahkan para pembaca , membaca artikel tentang pedang damaskus ? Disini , akan kita jelaskan sedikit saja tentang pedang damaskus. yang merupakan salah satu dari teknologi umat muslim.

Kita mulai saja topik ini ,
mungkin ini merupakan pembahasan yang sudah cukup lama . tapi untuk mengingatkan kita kembali dan juga menambah pengetahuan kita. Pedang Damaskus , pedang ini adalah pedang tertajam di dunia. Ketajaman pedang ini sangatlah mengerikan , melebihi ketajaman daripada Katana dari Jepang ataupun Keris buatan Indonesia.

Pedang Damaskus adalah seperti gbr dibawah :

sungguh aneh bukan ? nah kehadiran pedang ini adalah saat tentara muslim menghadapi tentara salib pada Perang Salib. Jika ada pertanyaan dari para pembaca " seberapakah ketajaman dari pedang ini ?" nah di artikel web-web lain dijelaskan. Pedang ini dapat menembus baju zirah dan membelah perisai-perisai (tameng) dari pasukan Crusader.

Penampakan dari Baju Zirah :


Nah bisa dibayangin deh baju segitu tebal nya aja bisa tembus gimana kalo kena leher ? iya kan ?
Nah , selain ketajamannya ada rahasia dibalik ketajaman dari pedang damaskus para pembaca. Menurut sebuah penelitian mikroskopik , ditemukan bahwa pada pedang ini memiliki semacam lapisan kaca di permukaannya. Bisa dikatakan , ilmuwan muslim pada zaman dahulu sudah menggunakan teknologi nano.

Nah , mungkin akan muncul pertanyaan lagi ya kan " Apa sih teknologi nano itu ?" . tenang pembaca , kita juga akan mempermudah kok soal apa sih teknologi nano itu. Teknologi Nano ataupun biasa disebut Nanoteknologi itu adalah pengembangan teknologi dalam skala nanometer , nah milimeter aja udah kecil ya kan ? gimana nano ? nah Nano itu sendiri merupakan 1/1000 dari mikrometer sedangkan untuk milimeter nya 1/1000000 ( 1 per 1 juta ) . Nah ada tambahan lagi , setelah diteliti kembali soal pedang ini. Dan setelah dilihat lebih jauh lagi tepatnya struktur dari pedang ini , ternyata pada pedang ini memiliki teknologi yang luar biasa yang ditemukan di sekitar tahun 1991 yaitu struktur yang canggih. Struktur itu bernama struktur Nanotube.

Para pembaca tahu apa itu Nanotube?
"Carbon nanotubes adalah struktur lain dari atom karbon yang sama dengan atom karbon pada grafit yang sering kita temui sebagai bahan ujung pensil. Dan sama juga dengan atom karbon pada diamond. Dengan kata lain perbedaaannya hanya ada pada struktur kristalnya."
menurut saya ini mudah untuk dimengerti oleh para pembaca.

"Apakah hal tentang Nanotube tadi berpengaruh terhadap ketajaman ?" , dijawab juga oleh para ahli yang sudah meneliti "Ya" , Carbon Nanotube memiliki karakteristik yang luar biasa yaitu kekuatannya bisa 20-30kali dari kekuatan baja asli dan tentu saja juga dengan kepadatannya/kekerasannya.

Nah , sayangnya teknologi pedang damaskus sudah punah dikarenakan hanya beberapa keluarga pandai besi yang mengetahui cara pembuatannya karena teknologi pedang ini sangatlah dirahasiakan.

Sekian dulu dari saya , apabila ada kekurangan dan kesalahan mohon diperbaiki dan ditambahkan.

Thanks to :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10406049
http://warnoise.wordpress.com/2009/08/15/pedang-damaskus-pedang-terhebat/
http://id.wikipedia.org/wiki/Nanoteknologi
dan mbah google tentunya ..

Sekian dan terima kasih untuk para pembaca semoga dapat membantu dan menambah pengetahuan anda .
assalamualaikum wr.wb ..

0 Komentar

Teman

Total Tayangan Halaman

Bantu kasih makan yah :)


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Flag Counter

free counters